Prosedur Pendaftaran
di UBSI Universitas Bina Sarana Informatika
Urutan Pendaftaran di UBSI Universitas Bina Sarana Informatika
Seluruh proses pendaftaran mahasiswa baru di UBSI Universitas Bina Sarana Informatika dilaksanakan secara online, melalui website atau aplikasi Android.
Calon mahasiswa wajib memiliki alamat email dan nomor hp (whatsapp) yang aktif.
Melalui Website PMB UBSI atau Aplikasi Android PMB UBSI, lakukan registrasi dengan memasukkan nama, alamat email, no telp hp, dan rencana studi Anda.
Setelah melakukan verifikasi email, lakukan LOGIN ke website atau aplikasi PMB UBSI dengan username: alamat email dan password: no telp hp yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
Login ke aplikasi PMB UBSI, kemudian lengkapi isian yang ada.
Isi informasi dasar dan setujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku di Penerimaan Mahasiswa Baru untuk melanjutkan proses pendaftaran.
Upload foto terbaik Anda, yaitu foto diri dan foto diri + KTP. Silahkan selfi terlebih dahulu dan pastikan foto diri Anda berada ditengah, dan untuk KTP harus terlihat dengan jelas.
Isi data lainnya: Mini Kuesioner dan Rencana Studi (periode, kampus, program studi dan waktu kuliah)
Setelah data lengkap, ambil KODE BAYAR untuk Biaya Pendaftaran, kemudian lakukan pembayaran.
Proses pembayaran dilakukan menggunakan VA (virtual account) dan menggunakan Dompet Digital MotionPay. Adapun biaya pendaftaran untuk program D3 dan S1 adalah sebesar Rp 260.000,- (duaratus enampuluh ribu rupiah).
Pembayaran biaya pendaftaran akan dikenakan biaya layanan sebesar Rp 8.000,- (delapan ribu rupiah) yang ditambahkan di biaya pendaftaran.
Salah satu syarat menjadi mahasiswa baru adalah lulus ujian saringan masuk. Setelah Anda membayar biaya pendaftaran, langkah selanjutnya adalah mengikuti ujian saringan masuk secara online melalui website atau aplikasi PMB UBSI.
Soal terdiri dari mata pelajaran: Pengetahuan Umum, Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, yang terdiri dari 50 soal.
Anda memiliki 3 (tiga) kali kesempatan mengikuti ujian saringan masuk. Jika Anda gagal 3 kali, maka Anda wajib mendaftar dari awal.
Setelah dinyatakan lulus ujian saringan, segera untuk menentukan pilihan akademik Anda yang akan diikuti : Pilihan Kampus, Program Studi, Waktu Kuliah. Sistem akan menghitung berapa Biaya Daftar Ulang yang harus Anda bayar.
Setelah lulus ujian, maka masuk ke dalam langkah membayar biaya kuliah semester pertama, yang besarnya tergantung dari pilihan Periode Kuliah,
Kampus, Program Studi, Pilihan Waktu, maka sistem akan membuat invoice Pembayaran Kuliah.
Pembayaran dapat dilakukan menggunakan VA (Virtual Account) dari bank yang Anda pilih, atau
menggunakan Dompet Digital MotionPay.
Biaya yang harus dibayarkan adalah : Biaya Kuliah Smt.01, Biaya Jurusan (untuk jurusan tertentu), Biaya Waktu (untuk pilihan kelas Sore/Malam atau Jumat/Sabtu, dan
Biaya Prakuliah.
Sumbangan Sarana Pendidikan (SSP), dibayarkan pada semester 02. Dapat diangsur 2 atau 3 kali tergantung gelombang pendaftaran.
Lakukan pembayaran sesuai waktu yang telah ditentukan dan dengan cara yang benar.
Proses Daftar Ulang adalah proses terakhir dalam urutan langakah Pendaftaran Mahasiswa Baru. Setelah
Anda melakukan pembayaran Biaya Daftar Ulang, segera lengkapi data daftar ulang untuk mendapatkan NIM
(Nomor Induk Mahasiswa) dan Kode Kelas.
Form yang harus dilengkapi antara lain : Data Probadi, Data Akademik, Upload Dokumen,Data Orang Tua,
dan Data Pekerjaan.
Setelah data lengkap, maka Anda akan mendapatkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan Kode Kelas.
Kegiatan Mahasiswa Baru diawali dengan Kegiatan Prakuliah yang terdiri dari : Orientasi Akademik dan Seminar Motivasi.
Informasi lengkap Orientasi Akademik (ORMIK) dan Seminar Motivasi (SEMOT), jadwal dan waktu pelasanaannya akan
diumumkan kemudian.